Jumat, 26 Juli 2019

4 Langkah Mudah Menanam Buah Apel Bagi Pemula

Distributor Mulsa Plastik Hitam Pertanian - Lim Corporation

Buah apel ialah salah satu buah favorit yang paling disukai dari berbagai kalangan, kira-kira salah satunya Anda yang membaca artikel ini. Saat ini ada kabar bagus untuk Anda ialah budidaya apel sendiri di halaman rumah, dengan cara menanam apel lewat biji. Ada berbagai tahap cara menanam apel dari biji buah yang bisa Anda gunakan sendiri dirumah, walaupun Anda sebenarnya tidak mempunyai kemampuan bertani, meskipun tips cara menanam apel dari biji ini tentu terasa lebih mudah buat Anda pelajari.

BACA JUGA:

rata-rata budidaya apel dilaksanakan dengan memakai bibit hasil okulasi, cangkok, ataupun stek batang. Walau pada saat ini telah muncul solusi yang lebih praktis, sebab sulitnya mencari bibit yang siap tanam, kemudian cara menanam apel dari biji ialah alternatif yang sangat mudah untuk Anda gunakan saat ini.

Inilah  4 tahapan yang wajib Anda laksanakan untuk memulai cara menanam apel dari biji

A. Mengatur Suhu Dingin

Langkah pertama dari cara menanam apel dengan memakai biji ialah dengan menyemai biji apel tersebut sampai tumbuh tunas. Pada tahap ini memang ada beebagai hal yang wajib Anda perhatikan. Salah satunya ialah menciptakan media semai, dengan memanipulasi suhu ruangan. Berhubung seperti Anda ketahui, pohon apel tumbuh baik di lingkungan yang bersuhu dingin bagaikan kebun-kebun apel yang berada diberbagai daerah contohnya Batu, Kota Malang maupun Lembang, Bandung dan juga daerah budidaya apel lainya.

Kumpulkan biji buah apel pada 2 jenis buah apel yang berbeda, ini dimaksudkan sebab disaat pohon sudah memasuki waktu berbuah, pohon apel tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri apabila hanya ada satu pohon apel saja yang Anda tanam. Sesudah biji dipisahkan dari daging buah, jemurlah biji-biji tersebut supaya kulit luar biji tersebut tidak terasa lembab.

Cara menanam apel berikutnya ialah masukkan biji apel yang sudah kering tersebut ke wadah semacam tissue atau kain. Tissue ini dipakai sebagai media semai biji yang selanjutnya Anda masukkan kedalam wadah yang bisa di tutup rapat, contohnya stoples atau Tupperware. Selain tissue, Anda juga bisa memakain tanah gambut sebagai media semai biji apel tersebut. selanjutnya Anda masukkan stoples yang sudah ditutup rapat tadi di dalam lemari es. Inilah tahap cara menanam apel dari biji yang dibilang dengan after ripening yakni mengkondisikan biji apel sedemikian rupa seolah berada di musim dingin. Usahakan suhu lemari es Anda tetap berada 40 – 42 farenheit. Sesudah 8 minggu menghuni lemari es Anda, kebanyakan biji apel tersebut akan mulai muncul tunas serta akar.

B. Pindahkan Tunas ke Pot / Polibag

Sesudah biji di dalam lemari es mulai bertunas serta mengeluarkan akar, cara menanam apel beikutnya ialah memindahkan bibit bertunas tersebut ke dalam media pot. Isilah media pot dengan tanah gambut dengan PH netral, juga tambahkan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1. (pupuk dan tanah).



Berikutnya lubangi media tanam tersebut menggunakan jari telunjuk buat meletakkan bibit yang mulai berakar tadi. Pindahkan biji apel dengan hati-hati, supaya akar yang sudah mulai muncul tidak rusak, selanjutnya tutup kembali dengan tanah, dan sirami dengan air secukupnya untuk menciptakan kondisi lembab di sekiling biji. Tempatkan pot tersebut di dalam suhu kamar tetapi tetap usahakan supaya mendapat akses sinar matahari pagi. Anda bisa menaruhnya di jendela rumah sebelah timur supaya matahari pagi bisa langsung diterima oleh pot berisi biji apel tersebut. Sirami secara rutin biji apel di dalam pot tersebut sampai mengeluarkan daun tanaman, proses cara menanam apel dari tahap ini biasanya memerlukann waktu 3 hingga 4 minggu.

C. Pindahkan ke Lahan Tanam Sesungguhnya

Sesudah bibit tersebut mengeluarkan 5 sampai 7 helai daun, lalu bibit tanaman sudah siap buat dipindahkan ke media tanam sesungguhnya. Bila Anda mau menanam di halaman rumah, sebaiknya cangkul tanah terlebih dulu supaya tanah menjadi gembur serta tambahkan pupuk kompos bila perlu supaya nutrisi tanaman bisa terpenuhi dengan baik.

Cara menanam apel dari biji berikutnya ialah memindahkan bibit yang sudah mulai muncul tunas tersebut kedalam media tanam, sebaiknya lakukan pemindahan di pagi hari supaya tanaman baru tidak stress saat langsung terpapar sinar matahari siang. Sesudah ditanam dengan hati-hati, sebarkan mulsa di sekeliling tanaman buat menciptakan kelembaban sekitar tanaman. Anda bisa menaruh jerami, serbuk kayu gergaji, ataupun batang gandum kering sebagai mulsa.

D. Merawat Pohon Apel

Sirami secara rutin tanaman apel Anda, terutama bila menghadapi musim kemarau. Tanaman sangat menyukai lingkungan yang lembab tetapi tidak terlalu basah. Cara menanam apel dari biji perlu membutuhkan pemupukan susulan layaknya cara menanam apel dari stek ataupun okulasi. Anda bisa memakai pupuk tambahan dari jenis NPK dengan dosis ¼ kg per pohon setiap 4 bulan sekali.

Sesudah berumur 6 sampai 8 tahun, umumnya pohon apel Anda akan mulai berbuah. Memang pohon apel yang ditanam dari biji mempunyai waktu panen lebih lama dibandingkan bila Anda menanam apel dari bibit hasil cangkok ataupun okulasi. Walau demikian, keberhasilan pecinta buah apel dari mempraktekkan cara menanam apel dari biji ialah suatu kepuasan tersendiri yang tidak bisa diganti.

Jual Plastik Mulsa Murah 
# Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik
Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar