Jumat, 26 Juli 2019

Budidaya Ikan Hias Cupang dengan Mudah dan Mendapatkan Untung

JUAL INSECNET HARGA MURAH - CV CORPORATION

Siapa yang tak tahu ikan cupang ? Ikan ini banyak dijual oleh pedagang ikan dan menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling banyak dipelihara orang. Harga jualnya bervariasi, dari yang murah hingga sangat mahal. Di luar negeri ikan cupang rata-rata disebut dengan betta sp (betta splendens).

Memelihara ikan cupang sangat gampang. Tak harus memakai akuarium dan aerator (alat sirkulasi udara). Cukup memakai stoples kecil. Ikan cupang termasuk ikan yang mempunyai daya tahan hidup hebat maupun dipelihara hanya dalam wadah kecil tanpa aerator.

BACA JUGA:
Pakannya pun tak sulit. Biasanya ikan cupang dikasih pakan kutu air, cacing sutera, dan larva nyamuk. Pakan ikan cupang dapat dibeli dipedagang ikan.

Ikan cupang ialah ikan air tawar. Habitat asalnya terdapat di beberapa negara Asia Tenggara, contohnya Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand. Ikan ini mempunyai karakter agresif mempertahankan wilayahnya. Biasanya ikan cupang di kalangan peminat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu; ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar.

1. Cupang plakat; ini ialah jenis cupang aduan. Cupang plakat mempunyai beberapa varian contoh full black, plakat dragon, dan lainnya.
2. Cupang Halfmoon; ikan cupang jenis ini dipelihara karena warnanya yang indah. Cupang jenis ini mempunyai banyak variasi warna pada siripnya. Jika dilihat dari samping, warna pada pada sirip dan ekornya tampak seperti setengah bulan (setengah lingkaran).
3. Serit (Crown Tail); cupang jenis ini berasal dari Indonesia.
4. Double Tail; sepintas cupang jenis ini menyerupai dengan jenis halfmoon. Perbedaan yang nyata terletak pada ekornya yang terbelah dua.
5. Giant (Cupang Raksasa); ini ialah jenis cupang terbesar. Ukurannya dapat mencapai 12 cm. Ikan cupang jenis ini merupakan hasil persilangan cupang jenis plakat dengan jenis lain.
6. Cupang Alam; jenis ini ialah cupang yang masih asli dari alam. Belum tersentuh persilangan oleh manusia. Cupang alam dapat ditemukan di rawa dan sungai.


Budi daya ikan cupang telah banyak dilakukan di Indonesia, karena pasar ikan cupang memang sangat menjanjikan. Tak hanya pasar dalam negeri, namun juga pasar luar negeri (ekspor).

Jika Anda penggemar ikan hias dan ingin melakukan budi daya ikan cupang, di bawah ini sedikit cara bagaimana budi daya cupang.

- Sebelum memijah ikan cupang, tentukan dulu jenis ikan cupang yang akan di budi daya. Jangan mencampur cupang yang jenisnya berbeda.
- Supaya budi daya menghasilkan turunan yang berkelas, maka pemilihan induk harus dilakukan selektif. Pilihlah indukan yang bebas penyakit dan mempunyai warna yang menarik.
- Jangan sampai salah memilih jenis indukan. Cupang jantan umumnya lebih tubuhnya lebih besar dari betina dan pergerakannya lebih lincah. Sirip ekor belakangnya juga lebih lebar. Usia indukan jantan yang baik antara 4-8 bulan.
- Sedangkan cupang betina badannya lebih kecil dan pergerakannya lebih lambat. umumnya warna tubuhnya tak secerah cupang jantan. Umur indukan betina yang baik antara 4-6 bulan.
- Selanjutnya siapkan tempat guna memijah. Dapat dipakai ember kecil, akuarium, atau baskom.
- Isi wadah yang sudah disiapkan dengan air setinggi 15 cm. Gunakan air sumur yang sudah diendapkan semalaman. Hindari air pam, karena sudah tercemar kaporit. Siapkan juga gelas kecil.
- Masukkan tanaman air secukupnya. Tanaman ini berguna untuk tempat berlindung anak cupang.
- Masukkan indukan jantan ke dalam wadah. Kemudian indukan betina masukkan ke dalam gelas dan letakkan di tengah wadah.


- Kasih waktu supaya indukan jantan akrab dengan indukan betina. Jika indukan jantan sudah mengeluarkan gelembung, masukkan indukan betina ke dalam baskom.
- Waktu pemijahan biasanyanya terjadi pada pagi atau sore hari. Sebaiknya tutup wadah dengan kertas koran atau karton. Wadah sebaiknya diletakkan di tempat yang bebas berisik dan lalu lalang orang, karena ikan cupang sensitif ketika akan kawin.
- Jika sudah terjadi pembuahan, segera angkat indukan betina. Jika terlambat diangkat, indukan betina dapat memangsa telurnya sendiri.
- Setelah itu, indukan jantan yang akan merawat telur yang telah dibuahi. Selama tiga hari ke depan, cupang dan anaknya yang sudah menetas tak perlu diberi makan.
- Kasih kutu air sesudah empat hari usia menetas. Sedikit saja supaya tak mengotor air.
- Sesudah anak cupang berusia dua minggu, angkat indukan jantan dari wadah.
- Pindahkan anak cupang ke tempat yang lebih besar. Jangan lupa beri makan kutu air.
- Jika anak cupang sudah berumur satu setengah bulan, ikan sudah dapat dipilah berdasarkan jenis kelamin.
- Letakan masing-masing cupang hasil budi daya jika sudah berumur tiga bulan pada wadah botol berukuran 500 ml. Jika terlambat dipisahkan, mereka akan saling menyerang.
- Untuk sekali perkawinan, dapat dihasilkan seribu telur. Telur akan menetas setelah 24 jam setelah pembuahan. Tetapi, tingkat kematian benih cupang cukup tinggi, sehingga hanya dapat dipanen kurang dari 10%.
JUAL INSECNET MURAH
* Info Lengkap Mengenai Harga Insect Net Klik tautan berikut ini  http://bit.ly/hargainsectnet

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Insect Net untuk greenhouse atau penjemuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com

Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Minimal order 1 Ball (20 roll)
– berat per ball sekitar 60kg
– harga franco Surabaya, belum termasuk biaya kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah sewaktu-waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar