Senin, 10 Desember 2018

Pengendalian Ulat Tanah Penggangu Tomat Dengan Memaki Mulsa Plasti Sebagi Solusinya!!

Pengendalian Ulat Tanah Menggunakan Plastik Mulsa - Lim Corporation

Tomat merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang memiliki potensi untuk dibudidayakan di negara beriklim tropis semisal indonesia. Tanaman tomat bisa di tanam di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tanaman tomat yang ditanam di daerah dataran rendah yang paling sesuai ialah varietas yang tahan terhadap suhu panas.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat proses budidaya tomat yaitu ialah hama. Adanya hama yang biasa menyerang tanaman tomat ialah ancaman serius untuk para petani tomat dan petani lainya. Dimana serangan hama dan penyakit pada tomat akan mempengarui produksi saat panen, bahkan bisa mengakibatkan gagal panen pada saat waktu panen tiba.

Hama adalah hal yang paling mengerikan oleh para petani tomat ataupun petani tanaman lainnya. Sebab hama bisa mengganggu pertumbuhan tomat. Dampaknya jika tanaman tomat diserang oleh hama, tanaman tomat dapat saja tak berproduktivitas tinggi lagi atau juga bisa tanaman tomat dapat saja mati. Hama menyerang tanaman tomat bukan serta merta menyerang tanpa alasan. Penyebab dari adanya hama adalah karena gulma tidak pernah dilakukan proses pensiangi atau dibersihkan dan perawatan.

Untuk itu, penting bagi anda untuk mengenali hama yang biasa menyerang tanaman tomat. Mengenal hama yang dapat menyerang tanaman tomat, kita akan bisa mengambil tindakan apa yang perlu kita lakukan untuk mengendalikan hama dan penyakit tersebut.Dengan mempelajari hama dan penyakit tomat beserta cara pengendalianya diharapkan, akan bisa membantu keberhasilan pada saat proses budidaya tanaman tomat.

Baca Juga :


Berikut ini merupakan beberapa hama yang dapat menyerang tanaman tomat dan cara mengendalikannya, yaitu :

1. Kutu daun Thrips Tomat
Ciri-ciri yang lebih terlihat dari kutu daun thrips adalah, memiliki panjang 1 mm dan memiliki warna hitam. Kutu daun thrips ini menyerang bagian daun tanaman. Dampak dari proses fotosintesis pada tanaman akan terganggu karena proses fotosintesis terganggu atau bahkan bisa juga terhenti total.

Kutu daun thrips ini sering menghisap cairan yang berada didaun tanaman. Ciri - ciri dari serangan kutu daun thrips adalah daun tanaman akan mengalami perubahan warna, warna daun akan menjadi putih. Serangan yang sudah parah akan menyebabkan daun menjadi kering dan seiring berjalanya waktu tanaman akan mati.

Cara pengendalianya adalah dengan cara memberi cairan insektisida sesuai dengan dosis yang ditentukan. Sedangkan cara untuk pencegahan serangan hama ini adalah dengan cara membersihkan gulma disekeliling tanaman tomat karena kutu daun thrips kebanyakan berlindung pada bagian gulma tanaman tomat.

2. Ulat Buah Tomat
Ulat buah tomat ini biasa melakukan penyerang pada bagian daun, bunga, dan buah tanaman tomat. Ciri-ciri dari hama ulat buah tomat adalah memiliki panjang tubuh kurang lebih sekitar 3 cm.

Ulat ini mempunyai warna tubuh coklat sampai hitam. Tubuhnya diselubungi oleh bulu-bulu halus. Yang akan terjadi apabila ulat buah tomat ini menyerang salah satu bagian tanaman seperti buah tomat ialah munculnya lubang yang mengelilingi buah. Tanaman tomat akan infeksi dan mengalami kebukan (mati).

Pengendalian ulat buah tomat ini bisa dilakukan dengan memasang perangkat yang mempunyai cahaya ultraviolet, membunuh telur beserta ulatnya, dan membersihkan tanaman liar di daerah sekitar tanaman tomat berada.

Cara pengendalian ulat buah, dan caranya antara lain dengan membersikan lingkungan dari rerumputan yang biasa menjadi tempat sembunyikan ulat atau juga bisa menjadi tempat tinggal ulat, dan ambil buah yang telah terserang ulat lalu dimusnahkan.

Selain itu anda juga bisa mengendalikan dengan menyiramkan insektisida, seperti Ludo 310EC, Prevanthon 50SC, atau Diazino 60EC. Penyemprotan lebih baiknya dikerjakan dengan dosis yang sesuai.

3. Kutu daun Aphis Hijau Pada Tomat
Kutu daun hijau lebih banyak disebut dengan kutu hijau. Ciri-ciri dari kutu hijau adalah mempunyai panjang tubuh kurang lebih sekitar 2 mm. Warna tubuhnya ialah cokelat dan hitam.

Kutu daun hijau ini kebanyakan menyerang bagian bawah daun tanaman tomat. Ciri-ciri serangan kutu daun hijau adalah tanaman menjadi kecil (kerdil), daun menjadi tak bagus dan tergulung. Kutu hijau adalah penyalur virus. Itu diartikan bahwa tanaman akan terkena virus yang ditularkan oleh kutu daun tersebut.

Penyakit virus termasuk penyakit yang dapat mematikan. Jika kutu daun hijau ini tak cepat - cepat dibasmi, maka akan mengakibatkan tanaman menjadi busuk dan lebih parahnya lagi tanaman akan mati.

Kutu hijau ini dapat dikendalikan dengan menjaga kebersihan areal budidaya dari tanaman inang. Selain itu, juga bisa dilakukan dengan penyemprotan akarisida berbahan aktif abamectin.
mulsa plastik hitam perak
4. Ulat Tanah (Agrotis ipsilo hufn)Serangan hama tersebut biasa ditandai dengan terlepasnya tanaman pada bagian pangkal batang yang akan menyebabkan tanaman menjadi busuk, rusak, dan lebih paranya lagi tanaman bisa mengalami kematian. Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan melaksanakan sanitasi kebun atau lahan selain itu juga bisa dengan melakukan peyemprotan dengan insektisida sesuai dengan dosis yang suda tentukan.

Cara pengendalianya, yakni dengan menggunakan Mulsa Plastik dimana mulsa bisa meningkatkan suhu di dalam tanah, sehingga pupa dan ulat tak akan bisa bertahan hidup pada tanah. Lakukan pengolahan tanah dengan baik, dan apabila perlu dilakukan penyemprotan memakai insektisida.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

5. Lalat Buah (Bactrocera sp)
Hama tersebut mempunyai ukuran sekitar 8 mm denga warna tubuh hijau matang kehitaman dan mepunayi sayap tranparan. Sedangkan pada saat belatung suda memiliki warna putih dan kekuningan jika menjelang dewasa pada daging tomat. Tomat yang diserang hama ini akan mengalami pembusukan dan ada belatung di dalam tomat tersebut.

Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pengolahan dengan cara yang baik dan benar, membuat perangkap, namun apabila sudah terlanjur terserang dapat dikerjakan pemetikan tomat lalu membakarnya agar tak menyebar pada buah yang lainnya.

Cara mengendalikan hama lalat buah, diantaranya adalah sanitasi lingkungan, buang dan musnahkan buah yang terserang hama tersebut, dan kerjakan pengolah tanah disekitar tanaman agar pupa dalam tanah tidak mengalami kematian.

Selain itu bisa dilakukan pengendalian dengan cara insektisida berbahan aktif metomil atau profenofos. Insektisida merupakan bahan aktif metomil, semisal lannate, metindo, dan bomba. Sedangkan insektisida berbahan aktif profenofos, semisal curacron, biocron, dan buzzer.

6.Ulaut Grayak (Spodoptera liture F)
Tanaman tomat yang diserang hama ini di tandai dengan permukaan daun atas akan berlubang dan tulang daun akan busuk ataupun rusak sehingga daun tak beraturan atau tak merata.

Pengendalian hama ini bisa dikerjakn dengan cara melakukan pemangkasan daun yang terserang atau dengan cara melakukan penyemprotan dengan insektisida sesuai dengan dosis.

jual mulsa plastik
* Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik klik DISINI

Jika anda memerlukan atau ingin memesan Mulsa Plastik untuk budidaya tanaman dan buah atau digunakan untuk yang lainnya silakan langsung hubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami TUTUP).

Customer Service : 
Telp : 031 - 8830487
Mobile : 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    BalasHapus